HOW TO FIND YOUR BLOGGING NICHE !

how to find your blogging niche


Niche Blog kerap menjadi Pro dan Kontra di kalangan Blogger. Ada yang mengatakan bahwa Niche bukanlah hal wajib bagi Blogger, ada juga yang menganjurkan untuk memiliki Niche supaya memiliki nilai lebih. Bahkan saya sendiri pernah membuat postingan di ewafebri.com tentang kelebihan dan kekurangan Blog ber-Niche. And Today, i'd like to share how to find your Blogging Niche ! Ini berlaku bagi yang ingin membuat Niche Blognya. 五五五

HOW TO FIND YOUR BLOGGING NICHE ! 


Bagi saya pribadi, Blogging Niche memiliki kelebihan tersendiri. Dengan memiliki Niche, saya lebih mudah untuk mencari materi konten yang ingin saya bahas. Karena saya memiliki patokan yang jelas.

cara menentukan niche blog

Yang menjadi masalah, tak semua orang mudah menemukan Niche Blog. Saya sendiri menunggu beberap tahun untuk menemukan bahkan memahami Niche Blog itu sendiri.

Buat teman-teman yang mungkin ingin menemukan Niche Blog, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dijadikan ide untuk menemukannya.

PASSION


Temukan Niche Blog kamu diantara passion yang kamu miliki. Contohnya adalah Blog ini. Kenapa saya menjadikannya Art Blog ? Karena saya senang terlibat dalam bidang ini. Bukan hanya itu, hobbi saya corat-coret juga menjadi alasan kenapa saya membuat Blog ini.

Sebelum memiliki Niche Blog, penting untuk memahami bahwa nantinya kita akan membahas banyak hal yang berkaitan dengan Niche kita. Jika tidak memiliki passion terhadap bidang tersebut, akan sulit kita kerjakan dalam jangka panjang.

DIGEMARI PEMBACA


Meskipun Niche Blog berhubungan erat dengan hal yang kita suka, bukan berarti kita mengabaikan pembaca. Bagaimanapun kita membuat Blog untuk dibaca oleh orang lain juga. Bukan cuma diri kita sendiri.

Misalnya Blog ewafebri, yang sebagian pembaca memang tertarik dengan Journaling dan Illustrasinya. Karena alasan itu pula saya membuat Blog ewafebriart. Yaitu berdasarkan kesukaan pembaca tentang Illustrasi si Bowgels

SKILLS 


Blog tak hanya tentang kita berbagi " kisah ", tapi juga bisa berfungsi sebagai penyebar informasi. Jika kita ingin menemukan Niche Blog yang tepat, tulislah hal yang kamu kuasai. Entah itu di bidang digital, Art, Journaling, photography, DIY, MUA atau bahkan tentang Self Development.

Apapun keahlian kalian, tulislah ! Dengan begitu kita bisa menyuguhkan informasi yang lebih mendalam dibandingkan yang lainnya. Dan itu yang membuat orang sering mengunjungi Blog kkita. Informatif !

EXPANDABLE


Memiliki Niche Blog, membuat kita berfikir, bahwa di masa mendatang ide yang kita tentukan akan mudah habis. Namun, itu tak sepenuhnya benar. Saat kalian ingin menentukan Niche, pikirkan untuk memilih Niche yang mudah dikembangkan. Jangan terlalu spesifik.

Contohnya Blog ewafebri.com. Meski sebagian besar bahasannya tentang Journaling, tapi Blog ewafebri bisa juga membahas hal yang berkaitan dengan Journaling. Misalnya, tentang Self Development, Produktifitas maupun Mental Health.

Atau contoh lain adalah Blog Ewafebriart. Meski saya membuat Niche Blog tentang Art, namun saya juga menampilkan unsur personal, seperti art therapy ataupun kisah si Bowgel. Di dalam kisah-kisah tersebut, saya akan tetap memasukkan unsur illustrasi, sebagai benang merah dari Niche Blog ini.


blogging niche diagram


Itulah 4 Faktor How to Find Your Blogging Niche ! Bagi yang baru membangun Blog, tentu hal ini tak mudah. Dan itu tak menjadi masalah. Kalian bisa menentukan Niche Blog sambil merintis Blog kita. Pada akhirnya, kita akan tahu apa saja yang paling sering kita bahas. Dan di sanalah kalian akan menemukan Niche Blog yang dicari.

Bagaimana dengan BowgFams ? Apakah kalian sudah menemukan Niche Blog ? Dan bagaimana cara kalian menemukannya ? Share pengalaman di kolom komentar yuk ! 五五五 

0 comments

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.