ARTLOG | DESAIN LOGO BARU #1MINGGU1CERITA


logo baru #1minggu1cerita
Baru-baru ini saya punya kesempatan untuk mendesain Logo Komunitas Menulis - #1Minggu1Cerita. Ternyata mendesain logo tak semudah bayangan saya. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Desain Logo Baru #1Minggu1Cerita mungkin gak seberapa. Tapi bagi saya sudah menjadi kebanggaan.

Desain Logo Baru #1Minggu1Cerita


Logo adalah sebuah simbol atau tanda yang menjadi ciri khusus bagi sebuah tempat usaha, instansi bahkan komunitas. Dengan adanya logo, akan membuat orang mudah mengingat tentang produk maupun jasa yang ditawarkan. Ini juga berlaku pada komunitas. 

Saat saya diminta untuk membuat logo pertama kali, sebenarnya saya bingung. Saya harus memulainya darimana ? Tapi itu bukan berarti halangan dan membuat saya mundur. 🤭


Logo Sebelumnya


Berpatokan pada logo sebelumnya, saya mulai mendesain beberapa contoh logo. Ini saya lakukan biar banyak pilihan bagi para admin. 😜

Contoh Logo Baru 


Beberapa diantaranya saya buat menggunakan bantuan Logo Generator. Ada juga yang manual. Asal gak jauh-jauh dari contoh logo terdahulu deh. Kecuali contoh dibawah ini 🤪.

Bahkan ada logo yang warna paletnya sengaja saya buat mirip logo terdahulu. Seperti contoh logo dibawah ini. Ya, gak bener-bener mirip sih sebenarnya. Hahaha.  Karena bentuk desainnya lebih rumit.




Menentukan Pilihan 


Dari beberapa desain logo baru yang saya buat, akhirnya terpilih satu sebagai kandidat utama. Sejujurnya saya agak terkejut dengan pilihan banyak admin, karena logo tersebut justru bukan prioritas saya.




Berbekal logo terdahulu, saya mengira jika para admin akan memilih yang senada. Tapi perkiraan saya salah. Logo baru justru berbeda dengan logo yang lama. Yang membuat mereka sama adalah bentuk kotaknya. Hahaha..

Baca Juga : Sticker Digital vs Manual 

Filosofi Logo


Kesalahan saya yang utama dalam membuat logo adalah ketidaktahuan tentang filosofinya. Saat itu saya hanya membuat baru dan tak benar-benar meninggalkan ide yang lama. Dan ketika para admin menanyakan filosofinya, saya mulai kelabakan. 

Jika umumnya pembuat logo mempertimbangkan filosofinya di awal, saya sebaliknya. Sekali lagi, ini karena pilihan para admin tidak saya sangka. Hahha.. 

Setelah merenung dan berpikir tentang filosofi apa yang terkandung, akhirnya saya menemukan benang merahnya. Hahaha.. (sebelumnya benangnya kusut, #eh gak lucu ya.. ? 🤪). Dan berikut ini filosofi yang terkandung dalam Logo baru #1Minggu1Cerita. 


Kenapa Harus Kotak ? Kenapa gak Bulet aja ? Hahaha... Yap.. Karena kotak itu melambangkan kekokohan dan kestabilan. Jika kita perhatikan struktur bangunan, atau pondasinya lazim menggunakan bentuk kotak kan ? Begitupun sebuah logo. Kotak melambangkan sebuah pondasi yang kuat. Dan sangat cocok apabila digunakan sebagai simbol komunitas.

Baca Juga : Digital Vs Analog Drawing 

Kotak juga lambang kepercayaan. Berapa banyak benda kotak yang kalian percaya untuk menopang badan ? Sofa, Kasur, Meja, Rumah, Tanah dll. Umumnya berbentuk kotak (meski zaman now banyak banget pilihan bentuknya. Hahhahaa....) 


Dalam Logo terbaru komunitas, struktur kotak tidak rata. Sebenarnya ini melambangkan bahwa aturan yang dimiliki komunitas tak sepenuhnya kaku. Lebih tepatnya fleksibel. Sebagai contoh, jika ada member yang terkick keluar dari Whatsapp komunitas, dia akan tetap diterima dengan hangat kembali. Hahaha..


Ada 4 jumlah kotak pada logo terbaru. Kerena ingin mempresentasikan tentang keanggotaan yang terdiri dari banyak latar belakang dan elemen. Dari mulai latar belakang tempat, budaya, pendidikan dll. Meski banyak perbedaan, tujuan kami sama. Yaitu " Ingin Rajin Menulis Cerita " hahhaa...


Seperti yang saya ceritakan di awal. Saya cukup terkejut dengan penetapan logo ini. Selain bentuknya yang tak biasa, karena dalam logo ini warnanya pun berbeda dengan yang terdahulu.


Pemilihan warna Orange dan Abu-abu awalnya hanya karena saya suka perpaduan warna tersebut. Dan kemudian saya mencoba mencari makna apa yang terkandung di dalamnya. Ternyata makna warna orange itu selaras dengan visi misi komunitas. Yaitu memprioritaskan membernya bahagia. 🥰❤️🥰

Baca Juga : Sejarah Ewafebri Art

Itulah filosofi tentang logo yang saya buat. Buat teman-teman yang suka menulis dan bercerita, tapi bingung gak punya motivasinya. Mendingan gabung bareng #1Minggu1Cerita. Siapa tau, tulisannya bisa menjadi tulisan terbaik dan terfavorite. Bahkan jika beruntung dapet giveaway juga. Hehhee...




2 comments

  1. Logonya bagus banget mbak. Simple dan terlihat elegan. Filosofi logonya luar biasa, walaupun disusun setelah logonya selesai *eh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa.. Kebolak-bolak ini prosesnya. Pelajaran baru. Siapa tahu suatu hari nanti bisa lebih profesional. Tsaaaah.. hahhaa..

      Delete

Dalam beberapa kasus kolom komentarnya tidak mau terbuka, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.