ARTLOG | BLENDING WATERCOLOR

How to Blend color in watercolor


Hi Gaes.. Ada yang hobbi melukis dengan watercolor pencil (Pensil Cat Air) ? Ada beberapa trik Blending watercolor pensil yang ingin saya bagikan dengan kalian disini. Mencampur warna (Blending Color) pada pensil warna emang PR banget ya.. ? Karena pada umumnya hasil pencampuran warna dari pensil cat air tidak terlalu rapi atau halus. Untuk menghasilkan warna campuran yang bagus tentu ada triknya. Dan berikut ini beberapa trik yang saya lakukan , saya bagikan untuk kalian semua gaes.

BLENDING WATERCOLOR


Tutorial kali ini, saya ingin menjelaskan bagaimana saya membuat Blending pada pencil Watercolor melalui berbagai macama alternatif Blending Tool (Alat Blending). Apa saja yang bisa digunakan dalam Blending Tool :

KOI COLORING BRUSH PEN 


Apa sih Koi Coloring Brush Pen ? Koi Coloring Brush Pen itu adalah produk pen brush ( marker dengan ujung menyerupai kuas) dari Sakura, Jepang. Warnanya transparant (colorless) yang berfungsi sebagai Blending Tool (alat pencampur warna) pada Koi Brush Pen.


resource : lixartsupplies.com


Produk Koi Brush Pen sendiri bersifat waterbased sementara blendingnya alcohol based. Trik menggunakan Koi Brush Pen ini saya temukan secara tidak sengaja. Saya berpikir, jika koi ini memang difungsikan untuk blending warna produk koi brush pen colour yang notabene waterbased, pasti bisa juga digunakan untuk blending watercolor pencil yang notabene watersoluble. Dengan ide ini , akhirnya saya melakukan eksperimen. Dan hasilnya sesuai harapan saya, hehhee.

Koi Coloring Brush Pen cocok untuk digunakan diarea yang sulit dijangkau, seperti pojokan, area yang kecil atau bagian detailnya.


WET TISSUE (TISU BASAH)


Tisu basah juga bisa menjadi tool yang sangat membantu dalam hal blending color. Seperti contoh gambar diatas, pada bagian background saya menggunakan tissue basah untuk membuat campuran warna terlihat lebih natural.



Caranyapun mudah banget :


  • Pada bagian background kita aplikasikan pensil cat air dengan warna-warna pilihan kita. 
  • Setelah kita rasa sesuai, perlahan sapukan tisu basah dengan gerakan melingkar untuk membuat kesan blending yang natural.
  • Rapikan ! perlu diperhatikan bahwa setiap produk memiliki hasil yang berbeda-beda. Bagi saya sebenarnya lebih suka menggunakan produk mitu.

kredit : tokopedia



Keuntungan menggunakan tisu basah, hasil campuran warna yang kita dapatkan lebih solid atau opaque dibandingkan saat kita menggunakan air sebagai medium. Karena tisu basah tidak berbentuk liquid seperti air, efek yang dihasilkanpun mudah dikontrol dan otomatis lebih cepat kering dan tidak membuat kertas bergelombang. Hehhe..

SPLENDER ATAU PENCIL BLENDER 


Splender atau pencil blender adalah pensil khusus yang diciptakan memang untuk mencampur warna pada pencil color atau watercolor pencil.


kredit : 



Karena berupa pensil, efek yang dihasilkanpun berbeda dengan efek menggunakan contoh 2 benda/medium seperti di atas. Meski hasilnyanya nanti bercampur, tapi efek scratch (goresan) dari pensil masih tetap terlihat.

Biasanya jika saya tidak memiliki splender atau pensil blender, saya menggunakan watercolor pensil berwarna putih. Tapi hati-hati dengan trik ini, karena kemungkinan warna akan sedikit mengalami perubahan menjadi lebih pastel.

Merk splender yang umumnya ada diIndonesia adalah Lyra Rembrandt dan Derwent.

AIR 


ewafebri illustration , blending water and wet tissue 


Kalo yang ini memang sudah umum dilakukan ya, membuat campuran warna pada lukisan cat air menggunakan air.

Teknik pencampurannya, bisa menggunakan teknik wet to wet ataupun dry to wet (catnya kering, backgroundnya basah).

2 Teknik tersebut diatas juga memiliki kelebihan dan ciri khas masing-masing. Wet To Wet bisa menghasilkan campuran warna yang lebih halus, sementara dry to wet, bisa menonjolkan warna tertentu yang kita mau dibandingkan warna lainnya.

Dan berikut ini adalah tutorial Blending Watercolor menggunakan Koi Brush Pen Blender.




Itulah 4 Cara Blending Pencil Watercolor yang sering saya lakukan. Apakah kalian memiliki trik sendiri untuk blending warna ? Yuk share trik kalian dikolom komentar dibawah ini.


HAPPY PAINTING !



©ewafebri, 2018.

Post a Comment

0 Comments