ARTLOG | WATERCOLOR PENCIL

by - 7:36 PM

Bowgel in Watercolor Pencil


Mencoba menggambar tanpa sketsa lebih dahulu itu merupakan tantangan tersendiri buat saya. Apalagi langsung menggunakan alat gambarnya. Obyek seperti bunga atau daun masih bisa saya lakukan secara spontan, lalu bagaimana kalo obyek tersebut adalah figure dengan beberapa detail didalamnya ?. Hmmm... Ini tantangan luar biasa.

BERIMAJINASI


Yang pertama saya lakukan tentu berimajinasi tentang obyek yang akan saya gambar. Kemudian saya buat sketsa kasar dikertas lain sebagai pedoman seperti apa gambar yang akan say buat nantinya. 

MENCOPY SKETSA KASAR


Jika susah menemukan seperti apa gambar yang ingin kita buat dan menjadikannya sebagai sketsa kasar, saatnya membuat gambar dengan menggunakan pensil cat air.  Merk pensil yang saya gunakan adalah Faber Castel . Dibandingkan pensil color biasa, saya lebih memilih watercolor pencil karena lebih lembut digunakan. Warna-warnanya pun tak kalah cantiknya kok. Hehehe.. Sangat terang. 

BEREKSPERIMEN


Untuk meningkatkan skill menggambar, hal yang paling sering saya lakukan adalah dengan bereksperimen warna (palete color) dan juga obyek gambar tentunya. Meski sangat sulit buat pemula seperti saya, tapi aktivitas ini sangat membantu dan  menyenangkan.


Bowgel and Family using Faber castel watercolor pencil.


Bermain dengan warna dan obyek gambar adalah bagian dari eksperimen yang menyenangkan sekaligus menantang. Bagian yang paling sulit buat saya adalah saat menggambar figur dengan berbagai ekspresi gaya dan muka. Belum lagi menambahkan detailnya.. huhuhu.. perjuangan sekali Gaes. 

Untuk memudahkan membentuk figur yang saya inginkan, hal yang selalu saya lakukan adalah meruncingkan unjung pensilnya. Ini sangat berguna sekali terlebih saat kita ingin membentuk garis luar gambar. 

Menjadi children's illustrator ternyata tak hanya mampu membuat karakter sendiri, tapi juga jangan berpuas diri. Selalu belajar memperbaiki kekurangan dan meningkatkan yang sudah dipelajari. Bereksperimen dengan media gambar juga bisa menjadi pengalaman baru dan mendapatkan ilmu baru. 

Menggambar itu belajar dengan praktikal, gak cuma paham teori, karena kalo hanya mengandalkan teori kita sulit menemukan kelemahannya. Makin sering kita bereskperimen, makin sering kita mencoba, makin banyak hal yang bisa kita pelajari dan temukan dari kegiatan ini. 

Jangan takut menuangkan ide kita, namanya juga belajar, iya kan.. ? Kalo ada yang kurang ya kita perbaiki. Hehee.. 


HAPPY PAINTING !









You May Also Like

7 comments

  1. Meruncingkan ujungnya, itu yang saya lakukan saat membuat sketsa. Dan sekarang saya mulai belajar lagi, dan ternyata tangan tampak kaku karena sudah lama tidak menggambar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul kak.. hahhaa.. rasanya ada yang beda gitu kalo lama gak lukis

      Delete
    2. sketsa saya jadikan gambar postingan blog tatkala malas keluar rumah untuk berphoto ria.

      Delete
  2. suka gambarnya... gimana cara bikin gambar figure biar proporsional? Kebiasaan gambar pemandangan, kalo gambar figure suka aneh bin nggak jelas..wakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya figur saya belum proporsional mbak.. hahhaa.. tapi kalo mbaknya sering nyoba terus menerus , nanti tanpa kita sadari ada semacam perasaan " ini udah pas " gitu. Pilihan saya model chibi, karena saya juga susah bikin gambar proporsional (dengan kaidah yang benar). Hahhahaa.. (maap jawaban kurang membantu)

      Delete
    2. Aku suka banget gambar yg chibi gt.. lucuuu... pengen bisa bikin yang kayak gitu. beneran loh aku jd terinspirasi pengen bisa gambar..hehehe

      Delete
    3. Dicobaaa mbak.. ! Pasti bisa, apalagi kalo sering dilatih.. hihi.. SemangArt !

      Delete

Hi.. Terima kasih sudah membaca , silahkan tinggalnya pesan, ide atau kritik yang membangun dalam kolom komentar. Jika tidak menemukan kolom komentar, silahkan kembali ke Home dan klik Link Coment yang berwarna peach. Maaf atas ketidaknyamanannya. Selamat Membaca dan jangan lupa Subscribe ❤️