ARTLOG | WATERCOLOR PENCIL

watercolor pencil art
Bowgel in Watercolor Pencil


[ewafebriart.com] ARTLOG | WATERCOLOR PENCIL

Mencoba menggambar tanpa sketsa lebih dahulu itu merupakan tantangan tersendiri buat saya. Apalagi langsung menggunakan alat gambarnya. Obyek seperti bunga atau daun masih bisa saya lakukan secara spontan, lalu bagaimana kalo obyek tersebut adalah figure dengan beberapa detail didalamnya ?. Hmmm... Ini tantangan luar biasa. Berikut ini adalah pengalaman saya membuat Bowgel dengan mengandalkan media watercolor pencil.

ARTLOG WATERCOLOR PENCIL


Dibandingan Classic Color Pencil , saya lebih terbiasa menggunakan watercolor pencil. Pensil warna jenis aquarelle/watercolor ini lebih mudah digunakan karena ujungnya pensilnya lebih lunak dibandingan warna yang biasa. Pun ketika saya ingin membuat efek cat air, saya tinggal menyapunya dengan kuas basah. 

faber castel watercolor pencil 48
credit : amazon


Hari ini saya ingin menceritakan pengalaman saya dalam membuat ilustrasi, menggunakan watercolor pencil tanpa harus saya sketch terlebih dahulu. Dan berikut ini step by stepnya. 

BERIMAJINASI


Yang pertama saya lakukan tentu berimajinasi tentang obyek yang akan saya gambar. Kemudian saya buat sketsa kasar di kertas lain sebagai pedoman seperti apa gambar yang akan saya buat nantinya. Paling tidak kita sedikit memiliki gambaran tentang obyek yang akan kita buat.

MENCOPY SKETSA KASAR


Jika susah menemukan seperti apa gambar yang ingin kita buat dan menjadikannya sebagai sketsa kasar, saatnya membuat gambar dengan menggunakan pensil cat air.  Merk pensil yang saya gunakan adalah Faber Castel . Dibandingkan pensil color biasa, saya lebih memilih watercolor pencil karena lebih lembut digunakan. Warna-warnanya pun tak kalah cantiknya kok. Hehehe.. Sangat terang. 

BEREKSPERIMEN


Untuk meningkatkan skill menggambar, hal yang paling sering saya lakukan adalah dengan bereksperimen warna (palete color) dan juga obyek gambar tentunya. Meski sangat sulit buat pemula seperti saya, tapi aktivitas ini sangat membantu dan  menyenangkan.



Bowgel and Family using Faber castel watercolor pencil.


Bermain dengan warna dan obyek gambar adalah bagian dari eksperimen yang menyenangkan sekaligus menantang. Bagian yang paling sulit buat saya adalah saat menggambar figur dengan berbagai ekspresi gaya dan muka. Belum lagi menambahkan detailnya.. huhuhu.. perjuangan sekali Gaes. 

Untuk memudahkan membentuk figur yang saya inginkan, hal yang selalu saya lakukan adalah meruncingkan unjung pensilnya. Ini sangat berguna sekali terlebih saat kita ingin membentuk garis luar gambar. 

Menjadi children's illustrator ternyata tak hanya mampu membuat karakter sendiri, tapi juga jangan berpuas diri. Selalu belajar memperbaiki kekurangan dan meningkatkan yang sudah dipelajari. Bereksperimen dengan media gambar juga bisa menjadi pengalaman baru dan mendapatkan ilmu baru. 

Menggambar itu belajar dengan praktikal, gak cuma paham teori, karena kalo hanya mengandalkan teori kita sulit menemukan kelemahannya. Makin sering kita bereskperimen, makin sering kita mencoba, makin banyak hal yang bisa kita pelajari dan temukan dari kegiatan ini. 

Jangan takut menuangkan ide kita, namanya juga belajar, iya kan.. ? Kalo ada yang kurang ya kita perbaiki. Hehee.. 


HAPPY PAINTING !

Post a Comment

0 Comments