PAINTING | JOURNAL

ewafebri art  painting

Mulai membenahi kepingan artikel yang berserak di Blog ini. Jika sebelumnya postingan ini saya buat hanya untuk mengisi kekosongan, kali ini saya akan menceritakan proses bagaimana saya membuat lukisan Bowgel's Painting Journal. 

PAINTING JOURNAL


Membuat painting Journal ini sebenarnya mudah, yang sulit ? tentu saja menjaga kesabaran supaya bisa selesai dengan selamat. Hahaha. Saya tipikal yang ingin menyelesaikan project gambar secepatnya. Gak seperti pelukis yang menikmati proses " menciptakan ". Bagi saya hasil akhir itu menjadi tujuannya, bukan proses belajarnya. Ini yang akhirnya gak maksimal. 

Jika produktivitas seringkali dikaitkan dengan cepatnya progres pekerjaan, aturan ini tidak berlaku pada menciptakan karya. Progress memang penting, tapi hasil yang memuaskan tetap menjadi prioritas. Ini karena melukis itu pekerjaan yang spontan tapi thoughfull. Karena melukis itu menggambarkan suasana dan perasaan yang sedang kita rasakan. 

Inilah yang menjadi kendala terbesar bagi pelukis yang masih amatir seperti saya. Karena terbawa nafsu ingin menyudahi, kadang karyapun kurang maksimal. Alias asal jadi ajalah. Hahaha.. 

ART MATERIAL THE JOURNAL


Impian dikenal menjadi Art Blogger Indonesia, membuat saya ingin memberikan informasi yang lengkap dan bisa bermanfaat. Termasuk menyampaikan proses dalam membuat sebuah karya, Contohnya adalah proses membuat lukisan Journal ini. KIra-kira apa saja material yang saya butuhkan untuk membuat lukisan ini ? 

Art material yang saya gunakan : 


  • Kanvas ukuran 20 x 20 cm
  • Pensil warna merah
  • Cat acrylic Maries 75 ml dengan warna-warna : Titanium White, Cerullean Blue, Mauve, Burnt Sienna, Scarlet, Sap Green, Lemon Yellow, Vandiky Brown, Black dan Rose.
  • Cat Acrylic Amsterdam 120 ml warna Naples Yellow red / 224
  • Cat Acrylic Maries 75 ml Metalik color Silver dan Gold.
  • Permanent marker white
  • Kuas dengan bebrbagai macam bentuk.

STEP BY STEP


Proses pembuatan dimulai dengan membuat sketch menggunakan pensil warna. Saya menggunakan pensil warna merah, karena tidak membuat permukaan kanvas cepat kotor apabila sketch dihapus. Dan berikut ini step by step : 

  • Warna background saya menggunakan campuran warna Cerulean dan Titanium White.
  • Warna Journal saya menggunakan perpaduan warna Silver dan Mauve
  • Warna baju saya mengunakan campuran warna Sap Green dan Lemon Yellow, sementara aksennya saya menggunakan warna Gold. 
  • Warna rambut saya menggunakan campuran warna Vandyke dan Burnt Sienna, sementara untuk highlight saya menggunakan permanent marker putih.
  • Warna kulist saya menggunakan perpaduan warna Naples Yellow, Rose dan Titanium White.
  • Watna Tulisan Journal saya menggunakan Titanium White

Cara mengaplikasikannya pun mudah, hanya dengan menggunakan kuas yang berbentuk Flat. Untuk garis tepi saya menggunakan kuas yang lancip.

Itulah proses pembuatan panting journal kali ini. Buat teman-teman yang ingin request tentang konten apa yang ingin dibahas, boleh banget loh !. Kalian bisa tinggalkan pesan di kolom komentar. Siapa tahu bisa saya jadikan materi blog selanjutnya. Hehehe... Terima kasih sudah membaca, jangan lupa Follow !





©ewafebri 2018

Post a Comment

0 Comments